Sejarah Kami

• Didirikan pada tahun 1994 berdasarkan Akta Pendirian No 5, tanggal 16 Mei 1994.
• Akta ini mendapat pengesahan dari Departemen Kehakiman RI dengan SK Nomor C2-11.455HT.01.01 tahun 1994, pada tanggal 26 Juli 1994.
• Ijin Operasional diperoleh dari Keputusan Menteri Keuangan RI nomor Kep-326/KM.17/1994
• mulai melakukan operasional perdana di Sentani, kabupaten Jayapura pada tanggal 27 Februari 1995.
• Posisi per 2019, BPR Irian Sentosa telah memiliki 1 kantor pusat, 12 kantor cabang dan 2 kantor kas dan ribuan nasabah yang tersebar di beberapa kota kabupaten di propinsi Papua.

Visi

Menjadi Bank yang bertumbuh, sehat, dan mandiri dengan pelayanan prima bagi masyarakat untuk menunjang pertumbuhan ekonomi Papua.

Misi

  • Menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk tabungan dan deposito.
  • Menyalurkan kredit kepada masyarakat di Papua untuk menunjang pertumbuhan ekonomi rakyat Papua.
  • Membangun SDM Bank BPR Irian Sentosa yang berkompetensi dan handal.
  • Terus berinovasi sesuai dengan perkembangan pasar dan kebutuhan nasabah agar menjadi Bank yang unggul dan diperhitungkan.
  • Melakukan investasi di bidang informasi & teknologi untuk mendorong pertumbuhan usaha Bank BPR Irian Sentosa.
  • Menjalankan usaha BPR secara pruden sesuai dengan regulasi yang ditetapkan.

Slogan

‘Solusi Yang Tepat’

Slogan ini menuntut agar seluruh manajemen dan staff Bank BPR Irian Sentosa memberikan pelayanan yang terbaik
pada nasabah dan calon nasabah, sehingga Bank BPR Irian Sentosa diakui sebagai solusi perbankan (kredit dan dana) yang tepat bagi masyarakat di Provinsi Papua.

Corporate Values

Proactive Improvements

Perbaikan secara Proaktif.
 
Perbaikan berkelanjutan didukung oleh proaktivitas tinggi mengacu kepada pembangunan karakter, pengembangan keterampilan dan keahlian spesifik melalui pembelajaran sistematis, terarah dan terukur.
 

Market Focus

Fokus Terhadap Pasar.
 
Menekankan pada ketajaman bisnis yang kuat dalam melihat peluang dan dinamika pasar dengan orientasi sebagai yang terdepan dan mendorong pengembangan usaha berdaya saing tinggi.
 

Integration & Professionalism

Penyatuan dan Profesionalitas.
 
Pengelolaan organisasi profesional dan terintegrasi melalui pengelolaan kinerja handal dalam upaya mencapai produktifitas tinggi.
 

Service Excellence

Pelayanan yang Memuaskan.
 
Senantiasa mengedepankan pelayanan unggul, melalui hubungan kerja mutualistis, membangun jaringan luas dan kokoh, serta menjunjung tinggi nilai kepercayaan bagi seluruh pemangku kepentingan.
 

Empowerment Leadership

Kepemimpinan yang Memberdayakan.
 
Kepemimpinan dengan visi memberdayakan organisasi untuk senantiasa bertumbuh dan berkembang, dengan integritas, keteladanan, kebersamaan, dan kepercayaan untuk melangkah maju bersama.
 

Pemegang Saham

Struktur Organisasi

Manajemen

Ir. TMT. Yenny Rustan

Komisaris Utama

Yenny Rustan Merupakan lulusan Teknik Sipil UKIP Makassar. Pengalaman bekerja di dunia perbankan diperoleh dari Prima Express Bank di Surabaya dan Modern Express di Ambon. Mulai memimpin BPR Irian Sentosa sejak 27 Februari 1995. Mendapatkan Sertifikasi Kompetensi Direktur BPR No 65100 12107008372006 tanggal 18 Desember 2006 yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Sejak tahun 2010 hingga kini, dipercaya sebagai Ketua DPD Perbarindo Wilayah Maluku—Papua.

Anthon Tangaguling

Komisaris

Anthon Tangaguling merupakan pensiunan Bank Papua di Jayapura dengan jabatan terakhir sebagai Pimpinan Divisi Perencanaan dan Pengembangan. Selain itu aktif juga sebagai pengajar pada Uniyap Jayapura dan pada STIE Otto Geisler Jayapura. Mulai bergabung di BPR Irian Sentosa sejak 01 Agustus 2005.
Selain sebagai pengajar, sejak Desember 2007, Anthon juga menjabat sebagai Anggota Komite Pemantau Resiko Dewan Komisaris pada Bank Papua.

H. Arobi Ahmad Aituarauw, SE.MM

Komisaris Independen

H. Arobi Ahmad Aituarauw, SE.MM merupakan lulusan dari Fakultas FISIP Jurusan Ekonomi Manajemen Universitas Cendrawasih Jayapura. Beliau lalu memperoleh gelar Magister Manajemen, setelah menyelesaikan studi Manajemen Strategi/Internasional di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetya Mulya Jakarta. Memiliki pengalaman bekerja di berbagai perusahaan, mulai dari perusahaan swasta, seperti PT Jodefo, PT Henrison Iriana Sorong, PT Nusa Vavenda, Pengajar di beebrapa perguruan tinggi, seperti STIE Yapis Jayapura, Universitas Sains dan Teknologi, Direktur Utama PT BPR Nusa Intim, Tenaga Ahli DPR Papua hingga Ketua PURT dan Anggota Pokja Majelis Rakyat Papua. Kini beliau dipercaya sebagai Komisaris Independen di PT BPR Irian Sentosa.

Verasisca Nainggolan

Direktur Utama

Merupakan lulusan Akuntasi UKI Jakarta. Mulai bekerja di BPR Irian sejak tahun2000, pada tahun 2007 menjabat sebagi kepala sabang sebelum akhirnya diangkat sebagai Direktur Bank BPR Irian Sentosa tanggal 09 Desember 2013.
Tahun 2020, beliau diangkat sebagai Direktur Utama Bank BPR Irian Sentosa.
Mendapat Serti kasi Direktur BPR sesuai surat dari Lembaga Certif No 65100 1210 6 5922 2011tanggal 6 Juni 2011. Kelulusan Fit and Proper Test juga didapatkan dari Bank Indonesia JayapuraNo 15/3KEP.GBI/JAP/2013 tanggal 30 Agustus 2013

Jemi Fiktor Sabneno

Direktur Bisnis

Merupakan lulusan Sarjana Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Musamus Merauke. Bergabung dengan Bank BPR Irian Sentosa sejak tahun 2007 sebagai Account O cer. Selanjutnya ditempatkan di Bank BPR Irian Sentosa Kantor Cabang Merauke sebagai Administrasi Kredit, Account O cer Landing/IT, Administrasi Tagihan / IT hingga Kasie. Kredit. Tahun 2010 hingga 2013, ditunjuk sebagai Kepala Cabang Boven Digoel dan di tahun 2013 hingga 2019 dipercaya sebagai Kepala Cabang Merauke.
Di awal tahun 2020, beliau menjabat sebagai Direktur Bisnis Bank BPR Irian Sentosa.

Oktovianus Tangketasik

Direktur Kepatuhan

Lulusan Ilmu Sosial dan Politik Universitas Hasanuddin. Berkarir di Bank BPR Irian Sentosa sejak tahun 1997, sebagai Collec- tor. Beliau berpengalaman dalam berbagai posisi di Bank BPR Irian Sentosa, mulai sebagai Analisa Kredit, Costumer Service, Administrasi Kantor Kas, Account O cer dan Marketing. Tahun 2009 dan 2013, dipercaya menjabat sebagai Kepala Cabang Biak. Tahun 2017 hingga 2019, menjabat sebagai Manager Kantor Pusat Bank BPR Irian Sentosa.
Kini, beliau dipercaya sebagai Direktur Kepatuhan Bank BPR Irian Sentosa.